Minggu, 07 September 2008

SEKILAS YAYASAN PEDULI GINJAL (YADUGI)

SEKILAS TENTANG YAYASAN PEDULI GINJAL (YADUGI)

 

Yayasan Peduli Ginjal (YADUGI) atau dalam bahasa Inggris "Kidney Care Society",  didirikan di Bandung tanggal 25 Maret 1999 berdasarkan akta notaris Dr. Wiratmi Ahmadi, SH no. 58. Dengan diberlakukan UU Yayasan, YADUGI menyesuaikan aktanya yang dikeluarkan oleh notaris Sri Rahayu Hadi Presetyo, SH no. 22 tanggal 26 Desember 2007.  YADUGI telah terdaftar sebagai Badan Hukum di Departemen Hukum dan HAM RI dan memiliki NPWP.

 

Para Pendiri YADUGI antara lain: Letjen TNI-Mar (Pur) ALI  SADIKIN, Letjen TNI-AD (Pur) Mashudi, Mayjen TNI-AD (Pur) R. Roesli, Prof. Dr. Ratna Suprapti Samil, Sp.OG,  Prof. Dr. Rully MA. Roesli, PhD., Sp.PD-KGH, Prof. Dr. Enday Sukandar, Sp.PD-KGH,  Ir. Marseno Wirjosaptro, Prof. Dr. Sasanto Wibisono, Sp KJ,  Prof. Dr. Sulaiman Sastrawinta, Sp. OG, Dr. Medias Almatsier, Sp. S (K) mantan Ketua IDI dan Direktur RSCM,  dan lain-lain.  

 

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. A. Moeloek, PhD., Sp.OG merestui dan mendukung pendirian YADUGI yang disampaikan dalam pidatonya (secara tertulis) pada peresmian pendirian YADUGI  tanggal 25 September 1999.

 

Pada tahun 2000, YADUGI menyelenggarakan "Program Perlindungan Cuci Darah" (PPCD) yang memberikan perlindungan kepada ribuan anggotanya, bila melakukan cuci darah (menanggung biaya hemodialisis).  Program ini mendapat sambutan yang baik dari publik dan berlangsung sukses. 

 

Saat ini kegiatan YADUGI yang utama membangun unit-unit hemodialisis murah, bekerjasama dengan rumah sakit – rumah sakit di Jabotabek, Prov. Jabar dan Prov. Jateng.  Dalam menjalankan program ini YADUGI mendapat bantuan dari  PT. ASKES INDONESA berupa sejumlah mesin cuci darah.  Klinik-klinik ginjal yang bekerja sama dengan YADUGI dijalankan dengan sistem waralaba.

 

Kepengurusan YADUGI  periode 2007 – 2012 adalah:

 

DEWAN  PEMBINA

Ketua  : Prof. Dr. Rully MA. Roesli, PhD, Sp.PD-KGH

Anggota: Ir. Marseno Wirjosaputro

Anggota: Dr. Merdias Almatsier, Sp. S(K)

 

DEWAN PENGURUS

Ketua     : Drs. Amir Karamoy

Sekretaris: Sri Irwana

Bendahara : Irfita Karina

 

DEWAN PENGAWAS

Ketua  : Prof. Dr. Sulaiman Sastrawinata, Sp. OG

Anggota: Prof. Dr. Sasanto Wibisono, Sp. J

Anggota: Prof. Dr. Ratna Suprapti Samil, Sp. OG

 

 

http://akaramoy.blogspot.com/

Tidak ada komentar: